FJPP

Cara Mengobati Asam Urat dengan Sayur Oyong

Ilustrasi (google).

MONITORRIAU.COM - Seperti yang telah kita ketahui bahwa asam urat merupakan hasil akhir metabolisme normal purin. Purin adalah suatu turunan dari zat nucleoprotein dimana salah satu komponen asam ada dalam inti sel tubuh. Pada umumnya asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam darah kemudian menumpuk pada persendian yang menyebabkan menjadi bengkak serta nyeri. Bukan hanya bengkak dan nyeri sendi saja yang dapat di alami tetapi asam urat menjadi ancaman ciri-ciri penyakit diabetes dan menyebabkan kerusakan sendi dimana hal ini terjadinya kelumpuhan.

Cara Mengobati Asam Urat  dengan Sayur Oyong

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap normal, hanya saja kita yang ragu untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan mengobati asam urat adalah dengan mengkonsumsi sayur oyong. Oyong lebih dikenal dengan gambas (luffa Acutangula) adalah salah satu sayuran yang populer di India kemudian menyebar ke kawasan Asia terutama Cina dan Jepang.

Di Indonesia, sayur oyong memang kurang dikenal. Tetapi seiring perkembangan jaman sayur oyong sudah mulai dikenal oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Tumbuhan oyong dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah menjadi sayur. Sayur satu ini dapat tumbuh secara merambat dan beriklim kering hingga sepanjang musim. Saat muda oyong digunakan sebagai jenis masakan sup lezat.

Selain bisa diolah menjadi beberapa masakan sup, ternyata sayur oyong juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Bahkan di kawasan asia lainnya sayur oyong dijadikan alternatif berbagai macam penyakit salah satunya asam urat. Kandungan yang ada dalam sayur oyong diantaranya karbohidrat, vitamin B1, Vitamin C, Kalsium A, Zat Besi dan Fospor. Dimana, semua kandungan tersebut meluruh dalam pengobatan asam urat.

Dengan demikian, kadar asam urat berlebih yang sebabkan bengkak dan nyeri sendi akan berkurang bahkan dapat normal kembali. Lantas, bagaimana mengobati asam urat denga sayur oyong? pengobatan ini biasanya dilakukan dengan cara diolah menjadi ramuan.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan sayur oyong untuk asam urat :

  • Pilih oyong muda dan sediakan 3-4 buah oyong
  • Oyong dicuci hingga bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian
  • Kemudian blender sampai menjadi jus
  • Setelah itu, dapat menambahkan air serta gula secukupnya saat meminumnya
  • Minus ramuan oyong tersebut 2 kali dalam sehari

Nah, demikian itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai khasiat dan mengolah ramuan sayur oyong untuk asam urat. Bagi anda yang saat ini memiliki masalah dengan asam urat, sebaiknya coba lakukan tips yang telah kami bahas diatas, semoga bisa membantu anda semua.

 

 

Sumber: Beritasehatku.com




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan