Riau

Pemkab Inhil Sosialisasikan UKS

TEMBILAHAN (MR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Bagian Kesra menggelar sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau Madrasah di Aula Hotel Harmoni, Tembilahan, Selasa (5/12/2017).

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Asisten I Setda Kabupaten Inhil, Darussalam dan dihadiri perwakilan Unsur Forkopimda Inhil, perwakilan Kesra Setda Provinsi Riau, Dinas Kesehatan dan Pendidikan Provinsi Riau, Kabag Kesra Setda Inhil serta sejumlah peserta sosialisasi.

Mewakili Bupati Inhil, Asisten I dalam sambutannya menjelaskan bahwa UKS tersebut sebagai usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh atau komprehensif dan terpadu.

Untuk optimalisasi program UKS, menurutnya perlu ditingkatkan peran serta UKS di dunia pendidikan dan bagi peserta didik di sekolah atau madrasah.

"Kita pahami bersama bahwa tujuan UKS adalah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia yang berkualitas," kata Darussalam.

Disamping itu, keberadaan UKS juga dimaksudkan untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik yang mencakup memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan.

Salah satu kegiatan yang bisa menjamin terlaksananya kegiatan UKS di Sekolah atau Madrasah adalah kegiatan sosialisasi tersebut.

"Oleh karena itu, saya atas nama Pemkab Inhil sangat mengapresiasi dan mendukung dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini," tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, keberhasilan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah terlihat pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik, dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari pola pembinaan dan pengembangan UKS.

Karena UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin yang dilakukan secara terpadu oleh 4 kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun di daerah yaitu menteri pendidikan nasional, menteri kesehatan, menteri agama dan menteri dalam negeri.

"Oleh karenanya, kerjasama keempat lembaga ini perlu dijalin dengan baik supaya kegiatan uks di sekolah atau madrasah benar-benar dapat di laksanakan," tutupnya.***(adv)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan