Riau

Sekda Inhil Puji Kepedulian HIPPMIH Pekanbaru Terhadap Stabilitas Harga Kelapa

TEMBILAHAN (MR) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Said Syarifuddin memuji kepedulian Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indragiri Hilir (HIPPMIH) Pekanbaru terhadap stabilitas harga kelapa.

Kepedulian tersebut dibuktikan dengan digelarnya Diskusi Bedah Harga Kelapa oleh Hippmih Pekanbaru sehari sebelumnya. Tindakan pro - aktif itu dianggap menjadi sebuah motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Inhil untuk terus menjaga stabilitas harga kelapa.

"Kepedulian dengan tindakan pro - aktif mahasiswa ini patut diapresiasi. Empati seperti ini lah yang harus dicontoh oleh segenap elemen masyarakat Kabupaten Inhil, termasuk kami selaku Pemerintah Kabupaten Inhil," jelas Sekda, Selasa (8/5/2018) pagi.

Menjawab pertanyaan tentang upaya stabilisasi harga kelapa, Sekda mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Inhil sebenarnya telah menempuh beberapa langkah strategis sejak beberapa tahun belakangan.

Langkah strategis sebagai wujud upaya dilakukan melalui perumusan kebijakan bersama antara Pemerintah Kabupaten Inhil dan DPRD Kanupaten Inhil.

"Terdapat beberapa kebijakan yang telah kita ambil. Dalam bentuk kegiatan keprograman, ada kebijakan pelaksanaan program penyelamatan kebun kelapa rakyat dan konsepsi Sistem Resi Gudang," jelas Sekda.

Kedua instrumen stabilisasi harga kelapa itu diperuntukkan dalam dua sub - sektor yang berbeda. Program penyelamatan kebun kelapa rakyat ditujukan pada sub sektor hulu, sedangkan Sistem Resi Gudang difokuskan pada aspek tata niaga.

"Artinya apa?, kami selaku Pemerintah telah berupaya mengantisipasi volatilitas (Keberubah - ubahan, red) harga kelapa Inhil yang terjadi hampir di setiap tahun," pungkas Sekda.

Disamping 2 langkah stabilisasi itu, Sekda juga menuturkan, masih terdapat upaya lain yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Inhil, seperti Penyelenggaraan Iven berskala Internasional, Festival Kelapa Internasional, pemanggilan terhadap pihak perusahaan lokal pengolah kelapa dan mengadakan pertemuan dengan perusahaan - perusahaan industri berbasis kelapa selaku calon investor.***(adv)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan