Riau

Bupati: Home Industry Solusi Sektor Perkebunan Kelapa

Bupati Inhil, HM Wardan

TEMBILAHAN (MR) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengatakan, solusi konkret dari persoalan minimnya diversifikasi produk turunan kelapa ialah pengembangan industri skala rumah tangga atau home industry.

Menurutnya, hal itu terkait dengan rencana kebijakan pengembangan industri skala rumah tangga dan dikatakannya akan menambah anggaran untuk mengadakan pelatihan terhadap masyarakat petani.

"Untuk pelatihan ini, kami sudah melakukan komunikasi dengan Profesor Wisnu Gardjito, ahli kelapa dunia asal Depok. Beliau sepakat untuk menggelar pelatihan bulan depan," ungkapnya.

Setelah pelatihan dilaksanakan, langkah selanjutnya yang akan ditempuh adalah pembentukan kelompok-kelompok home industry yang mencakup daerah-daerah sentra produksi kelapa di Kabupaten Inhil serta pengadaan peralatan mesin pengolah kelapa.

"Nah, saat semua langkah ini direalisasikan, kita berharap kelompok-kelompok home industry ini dapat memproduksi sendiri barang jadi berbahan baku kelapa yang memberikan nilai tambah bagi komoditas kelapa kita dan meningkatkan pendapatan masyarakat petani," papar Bupati.***(adv/diskominfops)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan