Otomotif

Jangan Dianggap Sepele, Cek Tips Aman Isi BBM Agar Terhindar dari Kebakaran

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - SERINGKALI kebakaran terjadi ketika mobil mengisi bahan bakar minyak (BBM). Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya pengendara mengetahui tips aman mengisi BBM.

Fenomena kebakaran di tempat pengisian BBM seringkali terjadi karena listrik statis. Gesekan pada nozzle antara sekitar area tangki akibatnya menggoyangkan mobil, juga salah satu fenomena yang kerap dijumpai.

Untuk itu, penting bagi pengendara untuk mengambil langkah-langkah meminimalkan potensi bahaya saat pengisian BBM dengan mengikuti prosedur yang ada.

Dikutip dari laman resmi api.org, pengendara sebaiknya mematikan mesin kendaraan saat mengisi BBM.

Nonaktifkan atau matikan sumber penyalaan tambahan seperti pemanas camping atau trailer, unit memasak, atau lampu pilot untuk mencegah hal yang tidak diinginkan."
Kemudian, pengendara dilarang untuk merokok. Tentu nyala korek api atau pemantik api saat mengisi BBM akan menyebabkan potensi kebakaran yang besar.

Volume tangki mobil juga harus diamati. Hal ini guna mencegah tercecernya BBM di permukaan jalan. Tentu akan beresiko memantik api ketika terjadi listrik statis, namun juga akan merusak cat kendaraan.

Terakhir, penggunaan telepon genggam atau ponsel saat mengisi BBM juga disarankan untuk dihindari. Apalagi saat mengisi daya telepon itu bersamaan dengan pengisian BBM.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan