Otomotif

Tips dan Cara Merawat Motor Revo

Monitorriau.com - Motor Revo merupakan salah satu jenis motor berteknologi injeksi yang cukup banyak penggunanya dan tentunya sangat diperlukan perawatan untuk jenis motor ini. Jika Anda ingin mengetahui cara merawat motor injeksi yang benar, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Panaskan Mesin Motor Setiap Pagi

Cara merawat Motor Revo yang pertama yaitu pastikan Anda secara rutin melakukan pemanasan mesin terlebih dahulu setiap pagi. Hal ini sangat penting karena jika tidak dipanaskan, maka mesin akan kurang bekerja secara maksimal, akibat buruknya adalah dapat turun mesin. 

Panaskan mesin motor jenis injeksi menggunakan kick starter alias manual, jangan menggunakan electric starter agar tidak terjadi konsleting.

2. Cek Aki 

Cara merawat motor jenis injeksi berikutnya adalah dengan pemeriksaan sederhana untuk aki nya. Pastikan aki benar-benar masih dapat bekerja maksimal, jika terasa ada aliran listrik yang kurang lancar maka Anda dapat mengganti aki dengan yang baru.

3. Memakai BBM Dengan Oktan Tinggi 

Ketika memakai motor tipe injeksi disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan kandungan oktan 90 keatas. Hal ini sangat diperlukan karena bahan bakar terbaik akan dapat menyempurnakan sisi pembakaran pada motor injeksi, usahakan untuk menggunakan bahan bakar pertamax atau pertamax turbo agar komponen tidak mudah rusak dan tersumbat.

4. Mengganti Oli Secara Rutin 

Cara merawat Motor Revo berikutnya adalah dengan mengganti oli secara rutin ketika Anda mencapai jarak tempuh 5000 km dan untuk oli mesin nya tiap 1000 km. Jika mesin sudah berbunyi dan terdengar kasar, maka Anda harus segera mengganti oli untuk menghindari kerusakan.

5. Mengecek ECU 

ECU merupakan otak dari sistem motor injeksi dimana mengatur takaran bahan bakar maupun klep injektor. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecekan terhadap ECU apakah berjalan dengan lancar atau mengalami masalah, jika dirasa ada ketidaknyamanan pada motor, maka segera bawa ke bengkel untuk diservis.

6. Menyervis Motor Secara Rutin 

Selanjutnya untuk merawat motor tipe injeksi ini  Anda harus melakukan servis secara rutin sesuai dengan bengkel resmi. Kemudian montir akan melakukan pengecekan secara keseluruhan sehingga dapat menghindari kerusakan motor injeksi anda.

7. Perawatan Busi

Berikutnya Anda dapat melakukan perawatan dan pengecekan terhadap busi, hal ini sangat wajib dilakukan karena pada dasarnya busi sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran dalam mesin. Jika dirasa performa mesin motor tipe injeksi ini agak kurang dari biasanya, maka Anda dapat melakukan pergantian busi yang baru.

8. Cek Shockbreaker

Pada dasarnya motor berjenis tipe injeksi menggunakan mono shockbreaker pada bagian belakang, jika Anda merasa kurang nyaman ketika berkendara, apalagi terdengar berdecit maka langkah yang dapat dilakukan adalah mengganti oli Shockbreaker. Biasanya oli shockbreaker dapat diganti pada hitungan per 10.000 km.

9. Cek Bahan Bakar Pada Tangki

Cara merawat motor tipe injeksi yang terakhir adalah dengan memeriksa atau mengecek bahan bakar yang ada di tangki. Hindari kehabisan bahan bakar pada saat berkendara motor karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem injeksinya, pada intinya jangan sampai Anda kehabisan bahan bakar karena dapat menyebabkan kotoran dalam tangki akan terserap dan menyumbat mesin.

Itulah beberapa cara merawat Motor Revo yang baik dan benar, akan tetapi pada dasarnya cara merawat motor ini juga dapat dilakukan sendiri ataupun melalui montir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam merawat motor Anda agar selalu awet dan prima.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan