Peristiwa

Fenomena Gerhana Matahari Cincin: Dapat Disaksikan di 25 Wilayah di 7 Provinsi

MONITORRIAU.COM - FENOMENA alam gerhana matahari cincin bisa disaksikan di 25 wilayah di 7 provinsi Indonesia, hari ini, Kamis (26/12/2019). Ketujuh provinsi itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, 25 kota/kabupaten yang ada di tujuh provinsi tersebut juga dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin. Rinciannya, Sinabang dan Singkil, Aceh; Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua dan Sibuhuan, Sumatera Utara; Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura dan Selat Panjang, Riau; Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan, Kepulauan Riau; Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, dan Putussibau, Kalimantan Barat; Tanjung Redep, Kalimantan Timur; Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Gerhana matahari cincin merupakan fenomena alam yakni saat terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan matahari oleh piringan bulan. Saat puncak gerhana, matahari yang tampak dari belahan Bumi akan terlihat seperti cincin.

Berdasarkan data dari BMKG, gerhana ini paling awal dapat dilihat dari bagian barat bumi pertiwi, yakni di Aceh tepatnya di Simeulue dan Aceh Singkil.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh telah melakukan persiapan untuk memantau gerhana matahari cincin, salah satunya dengan memasang teleskop. Sebanyak 10 teleskop dan 500 kacamata disediakan untuk digunakan masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut.

"Kita melakukan pemantauan di sini karena memang ada sesuatu yang lebih. Berbagai persiapan telah kita lakukan jauh-jauh hari. Mudah-mudahan cuacanya bagus dan tidak ada kendala apa pun, sehingga kita bisa menyaksikan salah satu karunia Allah ini," kata Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh, Hamdan, Rabu, 25 Desember 2019.

Berdasarkan data Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, gerhana matahari cincin di Aceh diperkirakan terjadi pukul 10.08 sampai 13.56 WIB atau berlangsung selama 3 jam 45 menit 52 detik.

Di kawasan Simeulue, gerhana matahari akan dimulai 10.07.06 WIB. Sementara gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11.53.51 WIB. Puncak gerhana matahari cincin pukul 11.55.20 dan berakhir pada 11.56.54 WIB.

Sementara itu, terkait fenomena alam ini, Kemenag Aceh dan pemerintah setempat akan menggelar salat gerhana di Masjid Baiturrahman Simeulue.

Gerhana matahari cincin juga bisa disaksikan di Bengkulu, meski hanya 80 persen. Fenomena ini diprediksi terjadi pukul 10.20 WIB. Kemudian memasuki fase puncak pada pukul 12.20 WIB. Lalu berakhir pada pukul 14.15 WIB. Total fenomena gerhana matahari cincin di Bengkulu berlangsung selama 3 jam 46 menit.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan