Opini

Resensi Buku Oleh Afdal Zukri

Afdal Zukri
Identitas Buku
Judul Buku : Sejarah Sumatera
Penulis : William Marsden
Jumlah halaman : 716
Penerbit : Indoliterasi
Tahun Terbit : 2021
 
Buku Sejarah Sumatera ini terdapat 23 Bab yang masing-masing bab terdapat penjabaran dan penjelasan masing-masing dan berdiri sendiri.
 
Bab 1 berisi tentang penjelasan secara umum mengenai Sumatera, bagaimana letak geografis dan austronomisnya, kemudian asal-asul penamaan Pulau Sumatera, penamaan daerah-daerah di Sumatera, sejarah penemuan dan ekspedisi Pulau Sumatera oleh Bangsa-Bangsa Eropa, kedatangan bangsa-bangsa Arab dan India, hubungan penamaan daerah dan Bahasa penduduk lokal antara Melayu dan Sansekerta. Kemudian juga dijelaskan dengan baik mengenai kondisi alam.
 
Bab 2, William Marsden menjabarkan tentang gambaran umum penduduk asli Sumatera, bagaimana tentang penggolongan penduduk, suku, bangsa, bahasa, karakteristik, batas kekuasaan wilayah, bentuk dan rupa fisik masyarakat, cara berpakaian dan lainnya.
 
Bab 3 berisi mengenai kondisi pemukiman, tempat tinggal, perkampungan penduduk sumatera.
Pada bab 4, penjelasan berlanjut mengenai pertanian dan hasil bumi penduduk Sumatera.
Bab 5, dijelaskan mengenai hasil bumi juga berupa buah-buahan. Berbagai jenis tanaman obat dan bunga-bunga.
 
Bab 6 berisi tentang hewan-hewan peternakan penduduk Sumatera dan beberapa hewan-hewan liar yang ada di Sumatera.
 
Pada Bab 7 William Marsden menjelaskan tentang berbagai komoditi rempah-rempah yang diperdagangkan dan dibudidayakan di Sumatera juga berbagai tanaman perkebunan.
 
Kemudian untuk Bab 8 berisi mengenai penjelasan komoditas hasil sumber daya alam berupa mineral tambang dan lainnya yang laku dalam perdagangan internasional dan memiliki harga yang tinggi.
Bab 9 dijelaskan tentang bagaimana orang-orang sumatera menghasilkan berbagai seni dan kerajinan.
 
Lalu di bab 9 ini juga dijelaskan tentang beberapa metode pengobatan yang digunakan oleh masyarakat Sumatera ketika menangani orang sakit. Selanjutnya dipaparkan mengenai beberapa ilmu pengetahuan yang dikuasai oleh orang-orang Sumatera meskipun sifatnya masih sangat rendah dan terbatas.
 
Untuk Bab 10 berisi tentang Bahasa yang digunakan dan berkembang di Sumatera.
 
Bab 11 William Marsden secara rinci menjelaskan mengenai komparatif tentang penduduk Sumatera dalam sistem kemasyarakatan.
 
Bab 12 berisi tentang penjelasan mengenai hukum, peradilan, adat istiadat yang berlaku di masyarakat Sumatera.
 
Bab 13 William Marsden memaparkan beberapa pendapatnya dan penjelasannya lebih lanjut mengenai sistem hukum adat, kemudian berlanjut tentang hukum, juga hukuman hingga perkara perbudakan yang terjadi di Sumatera.
 
Pada Bab 14, ada sejumlah topik bahasan yang ditulis oleh Marsden diantaranya adalah mengenai segala hal yang menyangkut dengan pernikahan, kemudian berlanjut mengenai pembahasan topik permainan atau pertandingan yang sering dilakukan oleh masyarakat lokal Sumatera, hingga penjelasan mengenai penggunaan opium oleh masyarakat perompakan.
 
Bab 15 Marsden berusaha untuk menjelaskan tentang kebudayaan dan kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat-masyarakat Sumatera.
 
Selanjutnya Bab 16, berisi tentang penjelasan daerah Lampung, dari mulai batas wilayah, penduduk, Bahasa, sistem pemerintahan, peperangan, sikap, adat istiadat khusus, agama, gagasan takhayul, sikap terhadap orang asing dan lainnya.
 
Kemudian pembahasan berlanjut pada Bab 17 yang menjelaskan mengenai catatan tentang wilayah pedalaman Kerinci, ekspedisi ke wilayah Serampai dan Sungai Tenang. Dimana pada bab 17 ini William Marsden beserta rekan dan timnya melakukan beberapa kegiatan di wilayah pedalaman Sumatera untuk mempelajari alam dan penduduk secara langsung.
 
Bab 18 berisi tentang penjelasan negeri-negeri Melayu.
 
Penjelasan kemudian berlanjut, pada Bab 19 mengenai Kerajaan Indrapura, Anak Sungai, Pasaman dan Siak.
 
Pada Bab 20 berisi tentang penjelasan rinci dan panjang mengenai bangsa Batak.
 
Kemudian William Marsden menjelaskan pada Bab 21 mengenai Aceh, juga hampir sama seperti Batak yang dijelaskan secara rinci dan panjang.
 
Kemudian bahasan tentang Aceh ini berlanjut pada Bab 22 yang merinci pada sejarah Kerajaan Aceh sejak masa invasi Bangsa Eropa mulai dari kedatangan bangsa Eropa.
 
Terakhir, Bab 23 berisi mengenai penjelasan singkat kepulauan yang terletak di Pantai Barat Sumatera.
 
 
Kelebihan Buku :
Buku karya William Marsden ini menjelaskan Sumatera dari pedalaman hingga pesisir, sungai ke danau, pegunungan ke kepulauan dengan panjang, rinci, runtut dan jelas. Kemudian buku ini juga terbitan paling baru yaitu tahun 2021, sehingga Bahasa yang dituliskan sangat mudah untuk dipahami dan jelas untuk dimengerti meskipun buku ini sangat tebal yang dikarenakan pembahasan setiap tema, pokok bahasan dijabarkan masing-masing dan dengan porsi yang cukup.
Selain itu, pembaca juga dimudahkan karena setiap akan masuk suatu bahasan terdapat judul, tema, pokok bahasan masing-masing dan setiap bahasan itu satu dan menyambung sehingga catatan penelitian dan perjalanan William Marsden tersusun dengan rapi. Bagaimana seorang William Marsden tidak hanya meneliti manusianya, namun juga alam, mahluk hidup lain, dan segala hal yang ada di Sumatera dari yang umum hingga beberapa detail kecil.
 
Kekurangan Buku :
Tidak banyak terdapat kekurangan terhadap buku tersebut, hanya saja buku tersebut tebal dan terkadang disetiap pembahasan kurang menampilkan foto atau gambar sehingga membuat pembaca cepat bosan dan menjadikan buku tersebut kurang menarik.
 
 
Nama : Afdal Zukri
Prodi : Pendidikan Sejarah
Asal Universitas : Universitas Negeri Padang
Dosen pengampu : Piki Setri Pernantah, M.Pd
 
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan